About Fasilkom

Diambil dari www.cs.ui.ac.id :

Fasilkom berdiri pada tahun 1993, didahului dengan berdirinya Pusat Ilmu Komputer (Pusilkom) yang telah membuka program S1 Ilmu Komputer sejak tahun 1986. Fasilkom UI bertekad menghasilkan ahli-ahli berkualitas tinggi dalam Ilmu dan Teknologi Komputer.

Kurikulum untuk program Sarjana Ilmu Komputer dirancang sedemikian rupa sehingga terdapat keseimbangan antara teori dan praktek, yaitu dengan menekankan relevansi terhadap kebutuhan masyarakat. Dengan demikian, lulusan-lulusannya diharapkan bisa cukup luwes dan terampil untuk terjun ke dunia profesi atau melanjutkan studi guna mencapai derajat akademis yang lebih tinggi.

Visi Fasilkom UI adalah : To become a top referral institution in the country in the field of computer science and information technology, and gain an internationally reputable academic standard.

Sedangkan misi Fasilkom adalah :

  • Menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di pasar tenaga kerja global
  • Menciptakan dan mengembangkan pengetahuan dalam bidang ilmu komputer dan teknologi informasi
  • Berpartisipasi dalam meningkatkan daya saing bangsa melalui pelayanan akademik
  • Meningkatkan jiwa kewirausahaan dalam aktivitas akademik

Fasilkom UI menawarkan beberapa program studi yang terdiri dari program sarjana, magister, dan doktor.

16 responses

11 09 2007
alex

nti kalo dah ada datanya smua minta soft copy-nya dong…..
ok?!

11 09 2007
junz

Mari kita bergerak,,,

tunjukkan kalau maba juga mempunyai aspirasi yang patut disampaikan,,,

Kita sudah cukup Pake JAKUN,,,, saatnya untuk bertindak,,,

12 09 2007
e-by

udahlah,jangan macem2 lagi,udah banyak komplain di scele terutama di forum umum.
kalo ga percaya liat aja

18 09 2007
irichtonovich

oi..
Warga fasilkom 2007
ada forum 2007 nih…
kaya yang diScele-scele
khusus 2007 aja kali yeh..
masih 50% sih..

http://www.atfreeforum.com/csui07/

It’s SHOW time!!!

7 11 2007
king of scele

woy maba 2007 harus kompak dan gaul
jgn ngelab doank kerjaan !!

ngak ada kerjaan laen apa?!!

15 11 2007
csui

Bwt semuanya, Database Lengkap Fasilkom 2007 dah ada di:
disini.

18 11 2007
Utusan 'Big' bos kangkung

Pengumuman Penting Nih!!

Asw.Wr.Wb.
Sebelumnya saya disini cuman mau minta tolong sama temen2 Kangkung 2007 terkait kegiatan (Baksos Maba) yang akan kita (MaBa Fasilkom 2007) wujudkan, saya percaya kita BISA kompak dan mensukses acara Baksos MaBa, langsung aja, berikut detailnya

Kenapa sih perlu ada Baksos MaBa Fasilkom?

Alasan mengapa ada acara Baksos Maba antara lain, menepis komentar mengenai mahasiswa Fasilkom UI yang dianggap antipati terhadap permasalahan sosial yang ada di masyarakat sekitarnya. Siapa tuh yang bilang? Mari kita buktiin kalo hal itu salah!

Kenapa sih Maba yang bikin gak anak BEM Fasilkom aja?

BEM Fasilkom UI sengaja mengamanati kita dengan tugas berat ini (klo rame2 gak berat sih), dengan harapan selain ada impact ke masyarakat ada (membersihkan nama baiklah . .) juga ada impact ke angkatan kita supaya makin solid, karena kepanitiaan kali ini melibatkan seluruh Maba 07 dalam pelaksanaannya, kasarnya kalo ada yang gak kompak bisa2 acara gak sukses, tapi sekali lagi saya yakin kita bisa dan sukses.

Emangnya kerjaan kayak apaan yang menunggu sampe2 butuh semua MaBa?

Tidak seperti tahun2 sebelemnya, tahun ini MaBa udah dibantu banget sama PengMas (Pengabdian Masyarakat) BEM Fasilkom UI dalam hal pencarian sasaran bantuan, yaitu yayasan Mitra Netra dengan program 1000 bukunya. Yayasan Mitra Netra ( http://www.mitranetra.or.id/ ) memfasilitasi orang2 yang memiliki kekurangan pada indra penglihatan untuk belajar dan menuntu ilmu serta memperoleh akses dalam membaca buku, lewat program 1000 bukunya.
Nah Lho, gimana bacanya? Ya, tentu saja mereka tidak membaca seperti kita tapi pake buku huruf braile, yang harganya di Indonesia tergolong tidak murah. Detailnya akan ada 160 orang dari angkatan kita yang bakalan jadi tim buku buat mengetik buku2 motivasi serta pengetahuan buat mereka, dalam format .doc.

Kok formatnya .doc?

Pihak penerbit buku tidak memperkenankan pemberian softcopy kepada pihak Mitra Netra sehingga mereka butuh relawan untuk mengetik buku2 tersebut ke dalam format word (.doc) untuk nantinya dicetak menjadi buku berhuruf Braile

Copyright bukunya gimana?

Nah, untuk masalah itu pihak Mitra Netra sudah mengurusnya. Kita tinggal kerja buat ngetik bukunya aja.

Acara itu doank? Selaen tim buku sisanya jadi apa?

Tentu saja, semua kerja santai aja bos, acaranya juga gak itu doanklah tapi masih direncanakan berikut juga kepanitiaannya. Abiz kita gak pernah kumpul angakatan sih jadi susah tuk koordinasi buat masalah kepanitian sama nentuin acaranya mau kyk gimana di hari H. Yang jelas butuh byk bgt kekompakan, tenaga, dana, serta keikhlasan dari temen2 buat ngadain acara ini. Tolong bgt jgn anggep acara ini sebagai beban, tapi anggep aja amal buat orang2 yang tidak lebih beruntung dari kita dalam hal fisik. Dan buat having fun aja, Blom pernah liat TunaNetra Ngodingkan? Makanya jgn copy paste mulu, mentang2 DDP (Drag and Drop Programming) :p mereka aja bisa, kenapa kita yang badan masih sehat dan lengkap g bisa?

Yang terpenting, pesen buat semua Kangkung’ers ’07, gak ada yang namanya Baksos MaBa SI ‘07 ato Baksos MaBa KI ‘07 apalagi Baksos Maba Ilkom ’07, yang ada Bakti Sosial Mahasiswa Baru Fakultas Ilmu Komputer 2007 (Kangkung 2007). Buat detailnya tanya bos Big (makanya kite kumpul angkatan biar jelas oke!) Terimakasih perhatiannya, ditunggu kontribusinya dalam acara ini.
Was.Wr.Wb (Dah kyk pidato aja . . . : p)

19 11 2007
Big

Yeeee……..

Kok namanya utusan ‘Big’ bos sih….
Emang siapa sih bos-nya???

Tunjukkan dong jati diri lo!!
(da mulai belajar lo gue…)

Dengerin noh…
Temen2 kita di Mitra netra butuh banget bantuan kita Prend…

20 11 2007
Erwin Nugraha

Daftar buku yang akan diketik:

1. Sukses Berbicara Dengan Siapa Saja 275 hal

2. GOKIL – Sebuah Kompilasi Kedodolan 240 hal

3. Air Mata Cinta Pembersih Dosa 254 hal

4. Bank Kaum Miskin 267 hal

5. Cantik dengan Kekuatan Cinta 293 hal

6. Integritas – Keberanian Memenuhi Tuntutan Kenyataan 299 hal

7. Mana Yang Lebih Banyak, Orang Hidup atau Orang Mati? & Mengapa

Rambut Menjadi Uban 308 hal.

8. I Love to Organize – Panduan Praktis Mengelola Event 90 hal

9. Pak Tua yang Membaca Kisah Cinta 116 hal

10. Sukses Merintis Bisnis Dengan Modal Dengkul 279 hal

11. Revolusi Fisika: dari Alam Gaib ke Alam Nyata 186 hal

12. Gifts from the heart 282 hal

Total: 2889 halaman

Anggota yang mengetik buku ini akan dibagi per kelas MPKT .
Dari tiap kelas MPKT akan dipilih minimal 20 orang pengetik.
Tunggu pesan selanjutnya

20 11 2007
gilang

iya nih daftarnya udah dikirim oleh erwin.
nanti kita mulai pembagian tugasnya ya teman2!

26 11 2007
Budianto

Oi temen2 bagi yang kemaren Sabtu Ceria membawa buku pribadi saya atau yang tahu buku pribadi saya ada dimana harap dikembalikan secepatnya ya… Hubungi 085695889443(Budianto)

29 11 2007
puspa

Assalamu’alaykum…

Ada kabar GEMBIRA nih buat temen2 MUSLIMAH CSUI 2007 ..

Departemen Keputrian
Forum Ukhuwah dan Kajian Islam
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia

mempersembahkan. ..

IT WORKS FOR GIRLS
information technology workshop for girls

“create your own website”

SABTU 1 DESEMBER 2007
Pukul 8.00-12.00
@ Lab Komputer Fasilkom UI

Yuppz, buat temen2 yang doyan menjelajahi situs-situs keren di internet..

Sekaranglah saatnya bagi kamu semua untuk tidak sekedar menjadi ‘penonton’

Di workshop ini temen2 bakalan diajarin gimana caranya membuat website pribadi kita…
dengan mudah, murah, en praktis..

hanya dengan membayar Rp 20.000 saja, temen2 akan mendapatkan

* sertifikat workshop
* cd berisi materi + template2 web yg keren
* lunch

ga rugi kan!!

Klo mau ikutan??
Beli aja langsung TIKET nya di …
Mushola sama mba Linda 2007
Tempat terbatas loh…
Jangan sampai kehabisan!!! ^-^

Contact Person:
Linda 081387090200
Irene 08158364410

5 01 2008
kunderemp 'an-narkaulipsiy' ratnawati hardjito

Gimana rasanya setelah MK terlewati?
Kira-kira bakal masih digunakan gak blog ini?
Pff… Hi Ha Ha Ha Ha Ha

5 01 2008
csui

Mungkin masih Kak..^^
sebagai alternatif komunikasi lain selain milis,,

26 06 2008
rizky syaiful MaBA 2008

kak ,
untuk mcalon mahasiswa yang tidak mampu
karena usahanya sedang jatuh, apa layak mendapat keringanan BOP & UP?

saya anak seorang agen koran yang hampir bangkrut…
agak susah mengurus formulir bagi usaha informal,
kan tidak punya slip gaji…^^

8 07 2008
csui

Coba saja diusahakan, silahkan buka web ui (www.ui.edu) atau fasilkom (www.cs.ui.ac.id) untuk informasi lebih lanjut..

Diantaranya..
http://www.ui.edu/notice/registrasi-tahap-ii-biaya-pendidikan-id.html
http://www.cs.ui.ac.id/id/berita/informasi-beasiswa-mahasiswa-baru-fasilkom-ui-2008/
http://www.cs.ui.ac.id/id/berita/mahasiswa-baru-jalur-umb-fasilkom-ui-2008/

Asal diusahakan pasti bisa, semangat ya!!🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: